Friday, December 28, 2012

Tips Agar Lulus SNMPTN Jalur Undangan



Hehe mungkin kalian bingung ini postingan tentang SNMPTN ko gambarnya pemain bola gitu ya hehe. Habisnya aku nyari2 gambar nggak ada yg tepat sih makanya ambil gambar yg itu aja. Gambar itu buat ngasitau kalian bahwa kira-kira seperti itulah ekspresi kamu waktu lulus snmptn hehehe gaje banget yah!!

Okeee langsung aja.. Back to the topic.. Jadi ini dia tips-tipsnya...
  1. Cari info

    Carilah info-info dari semua universitas yang kamu ingini mengenai jumlah peminat dan daya tampung. Tuliskan dan urutkan prioritas program studi yang kamu inginkan.

  2. Sesuaikan rata-rata nilai kamu dengan prodi yang kamu inginkan

    Kalau kamu merasa nilai kamu tinggi, tidak ada salahnya mencoba prodi yang tinggi peminat. Namun jika kamu merasa nilai kamu kurang cobalah untukmemilih prodi dgn daya tampung yang lumayan banyak tetapi peminat sedikit.

  3. Usahakan tidak ada teman satu sekolah yang memilih prodi yang sama

    Guru BP biasanya transparan dalam menunjukkan data2 siswa dan prodi yang dia ambil. Biasanya panitia snmptn mengurutkan nilai siswa dari yg tertinggi ke yang terendah. Kalau peringkat kamu lebih rendah dari orang yg mengambil prodi yg sama dgn kamu, ada baiknya kamu memikirkan untuk mengambil prodi lain, mengambil prodi yang sama, bunuh diri itu namanya. Disinilah siswa yang paling banyak gagal, mereka tetep ngotot memilih prodi yg dia sukai, tanpa memperdulikan pilihan orang lain.

  4. Isu ITB, UGM, UI tidak mau dinomorduakan

    Tahun 2011 ada isu bahwa ITB, UGM, UI tidak mau dinomorduakan, artinya membuat universitas itu pada pilihan yang kedua. Tidak tahu bagaimana pastinya berita itu tapi yang pasti saya dan teman2 satu sekolah yang lulus di UGM menempatkan UGM pada pilihan pertama. Banyak teman saya yang membuat UGM di pilihan kedua dan nyatanya mereka tidak lulus.

  5. Sekolah yang diblacklist

    Cari informasi dari guru BP tentang universitas yang mem-blacklist sekolah, agar kamu tahu universitas mana yang tidak boleh diambil.

  6. Syarat khusus universitas tertentu

    Cari informasi mengenai syarat khusus yang diberikan universitas. Kalau UGM sendiri, yaitu formulir SPMA. Jangan sampai kita ketinggalan informasi mengenai ptn yang kita pilih. Ntar berabe ususannya.

  7. Yakin!!!

    Inti dari semua adalah ‘keyakinan’. Yakinilah dirimu sendiri bahwa kamu pasti akan lulus. Saya pernah mendengar quote dari seorang motivator begini:

    Jangan sempat ada 1% ketidakyakinan pada dirimu, karena itu akan meruntuhkan 99% keyakinanmu

Dan walaupun kita yakin 100% buka berarti tinggal nyantai nunggu pengumuman, kita juga harus tetep belajar seperti anak2 lain, anggap saja kamu nggak pernah ikut snmptn jalur undangan, yakinlah sekecil apapun usaha kita pasti dihargai oleh Tuhan.

2 comments:

Mari berkomentar...