Monday, December 24, 2012

Become A Legend - PES 2013 vs Player Career - FIFA 2013

Kali ini aku akan mendiskripsikan perbedaan Become A Legend - PES 2013 dan Player Career - FIFA 2013. Sebelumnya aku cuma punya game PES 2013 di laptop tapi akhir-akhir ini aku bosan memainkannya. Bahkan aku sudah memainkannya sampai tahun 2020 di fitur BAL (Become A Legend).

Kemudian karena membaca tweet teman sekolahku *ga usah sebut nama* yang mengatakan FIFA 2013 bagus. Sebelumnya ada kakak kelas juga sih yang berkata FIFA bagus. Aku jadi tertarik mencari gamenya. Aku pun langsung ke rental CD dan ternyata ada 3 keping CD untuk FIFA 2013 yang artinya harga sewanya Rp 15.000,-. Harga ini lebih mahal daripada PES 2013 yang harga sewanya Rp 10.000,-.



Kemudian.... Menurut pengalaman ku dalam memainkan dua-duanya. Aku menyimpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Yaitu..

  1. Player Career - FIFA 2013

    Pertama kita bahas ini dulu.
    Setelah memasuki Career Mode kita akan memilih tim nasional sims kita. Kemudian akan diberi pilihan Create Your Pro sama Use Real Player. Create Your Pro artinya kita membuat sendiri sims yang akan kita mainkan. Kalau Use Real Player artinya kita bisa memainkan pemain yang udah ada. Misalnya Casillas, Ronaldo dan lainnya.


    Kemudian done... Kita tinggal memainkannya...

  2. Become A Legend - PES 2013

    Setelah kita buka game PES 2013 kita buka Football Life lalu Become A Legend. Kemudian kita akan diberi pilihan Start Location yaitu Uefa Champions League sama Copa Santander Libertadores. Nanti kita akan diberi pilihan pengaturan game.

    Lalu diberi pilihan lagi. Original Player atau Existing Player. Fungsinya sama dengan FIFA 2013. Original Player artinya kita membuat sendiri sims yang akan kita mainkan. Kalau Existing Player artinya kita bisa memainkan pemain yang udah ada. Misalnya Ronaldo.

    Done... Tinggal main deh..
Kelebihan

  1. Player Career - FIFA 2013

    - Permainannya lebih real. Dalam artian lebih sulit.
    - Rating pemain benar-benar dilihat dari kemampuannya.
    - Lebih mudah menentukan nomor kit sims kita (hanya bisa pada saat bursa transfer)
    - Dalam Use Real Player dan Create Your Pro kamu bisa menjadi kiper.
    - Bisa memilih tim pertama yang akan dijalani. 

  2. Become A Legend - PES 2013

    - Grafis dan tampilan lebih bagus.
    - Lebih mudah memilih sendiri tim mana yang akan dipilih dalam bursa transfer
    - Setiap bermain creditmu akan bertambah. Itu bisa kamu gunakan buat meningkatkan kemampuan sims kamu termasuk bisa mengubah posisi pemain seperti dari CF (Center Forward) menjadi SS (Second Striker)
    - Kamu juga bisa menjadi pemenang Ballon D'Or dan UEFA Best Player.

Kelemahan
  1. Player Career - FIFA 2013
    - Walau dapat langsung berada dalam tim besar seperti Real Madrid tapi kita harus berada dalam loan list atau transfer list. Kita sebaiknya mengambil tawaran yang ada karena jika kita mekolaknya maka kita akan jarang dipakai oleh tim mengingat overall yang masih sedikit.
    - Tidak bisa berpindah posisi pemain.
    - Hanya bisa menerima alias pasrah terhadap tim yang minat kepadamu. Kalau PES 2013 kita sendiri yang memilih dan tergantung tim tersebut setuju atau tidak.

  2. Become A Legend - PES 2013
    - Sulit mengganti nomor kit yang diinginkan. Karena harus memilih nomor kit yang belum terpakai. Untuk mengganti nomot kit tim nasional apalagi sangat sulit.
    - Dalam Existing Player maupun Original Player kamu tidak bisa menjadi kiper.

Itu tadi kelebihan dan kelemahannya. Siapa pemenangnya itu tergantung kalian sendiri. Kalau aku lebih suka tampilan PES 2013 tapi lebih suka aturan permainannya FIFA 2013. Ya semua itu ada kekurangan dan kelebihannya. Hahaha.

Ada yang mau menambahkan kelebihan dan kekurangannya? Silakan comment dibawah :)

No comments:

Post a Comment

Mari berkomentar...

Post a Comment