Sunday, October 13, 2013

Blackberry Tidak Bisa Browsing, Buka Appworld dan Twitter

Aku rasa pasti banyak yang pernah mengalami masalah ini. Karena Blackberry (BB) itu adalah hp Smartphone dan juga hp manjaphone. Kalau yang pakai paham saja tidak masalah kalo pas BB bermasalah. Tapi buat yang kurang mengerti seluk beluk dunia TI pasti akan pusing sendiri kalau hp ini pas lagi manja-manjanya minta diperhatikan.

Awal mula aku adalah pengguna IM3 untuk paket BB yg ada di hpku. Tetapi karena aku adalah orang yang mudah tersugesti dan mudah termakan iklan, maka aku berkhianat kepada IM3. Disamping IM3 mahal aku ganti pake Axis yang memang relatif murah. Tapi sayangnya sinyalnya timbul tenggelam banget kalo dirumahku.

Udah beberapa bulan aku memakai Axis. Tapi pada suatu ketika, sinyal yang biasanya EDGE kalo pas lagi langganan tiba-tiba berubah menjadi edge saja. Padahal waktu itu aku masih dalam masa langganan. Karena waktu itu aku lagi deket-deketnya sama gebetan *ceilah* intinya lagi butuh BBM lah waktu itu, maka aku putuskan untuk balikan lagi sama IM3. Tapi aku hanya mengaktifkan paket sehari saja lalau berniat keesokan harinya pergi ke Graha Axis Yogyakarta di deket Gramedia.

Keesokan harinya aku ke Graha Axis untuk complain masalah ini. Tapi ternyata mbak-mbak yang ada di sana juga tidak bisa mengatasi masalah ini. Lalu katanya nanti aku akan dihubungi oleh pihak Axis. Pulangnya aku diberi pengarahan oleh pihak Axis dan untungnya berhasil. Kini BB ku bisa untuk buka appworld, browsing dan twitteran lagi.

Tapi sampai suatu ketika. Temenku menawari nomor Simpati yang khusus dan paket untuk BB 30 rb sama dengan Axis. Lagi-lagi aku termakan iklan oleh temanku. Sebenarnya aku cukup berpikir bijak saat ditawarkan temanku nomor ini. Dalam benakku Simpati pasti sinyalnya lebih kuat dari pada Axis jika di rumahku. Benar saja setelah aku ganti Simpati, sinyalnya lumayan tidak timbul tenggelam seperti Axis. Tapi masalah tidak bisa browsing, membuka appworld dan twitteran muncul kembali.

Sesaat kemudian aku berpikir, apakah aku harus ke Graha Simpati untuk mengatasi masalah ini? Tapi dengan ingatan superku, aku putuskan untung melakukan step by step seperti yang diajarkan oleh pihak Axis dulu dan ternyata semua itu berhasil. Terimakasih Axis, maaf aku telah mengkhianatimu :’)

Buat yang mau tahu cara agar Blackberry yang dulunya tidak bisa browsing, membuka appworld, dan twitter kini aku akan membagikan solusi supernya untuk kalian semua. Sebelumnya maaf kalo kepanjangan pengantarnya. Karena siapa tahu permasalahan kalian berbeda dengan yang kamu alami.

Jadi, sebenarnya setiap kita berlangganan paket dalam suatu provider itu istilahnya adalah paket BIS, dan itu terdaftar dalam Service Book pada Blackberry. Saat kita mengganti nomor kita, maka kode dalam Service Book itu biasanya ada yang tertinggal. Tapi tidak semua provider seperti ini.

Untuk mengatasi masalah Blackberry tidak bisa browsing ini sangat mudah, yaitu
1.   Kamu tinggal pergi ke Service Book.
Caranya: Options – Device – Advanced System Settings – Service Book
2. Nanti akan ada Blackberry Internet Browsing Service dan Blackberry Internet Browsing Service 2. Angka 2 di sini menunjukan duplikasi pada BIS kamu dari provider lama dan provider baru. Solusinya, hapuslah Blackberry Internet Browsing Service 2 tersebut. Browsing internet pada BB kamu pasti sudah bisa kembali.

Itu tadi untuk masalah browsing internet. Untuk masalah appworld dan twitter sedikit rumit. Tapi aku yakin kamu pasti bisa *semangat*. Caranya adalah
1.   Masuk ke Service Book.
2.  Lalu hapus semua yang ada di sana. Tapi nanti akan tersisa 2 kode yang tidak bisa dihapus.
3.  Selanjutnya masuk ke Host Routing Table lalu tekan ikon BB lalu pilih Register Now.
Cara ke Host Routing Table: Options – Device – Advanced System Settings – Host Routing Table
4. Setelah beberapa detik kamu akan dapat SMS yang isinya “Your handheld has been registered with the wireless network”. Itu tandanya kamu sudah berhasil. Kalo kamu intip kembali Service Book, pasti sudah terisi kembali.
5. Langkah terakhir adalah lakukan hard restart. Yaitu dengan melepas baterai.
6. Tapi jangan langsung dipasang. Diamkan selama beberapa menit. Kalau aku sarankan tunggu sampai baterai kamu tidak panas (kira-kira 5 menit).
7.   Lalu pasang kembali baterai BB kamu.
Dijamin appworld dan twitter kamu sudah bisa digunakan. Tapi jika browsing masih tidak bisa, lakukan kembali cara yang tadi aku ajarkan untuk mengatasi browsing tersebut.


Semoga berhasil.

8 comments:

  1. ini serius ya ???
    garansi ga niih ??

    _rhara_

    ReplyDelete
    Replies
    1. manthap gan
      giribig.com
      blog.giribig.com
      idcheat.com

      Delete
  2. aku udah ikutin semua langkah.. tapi aku msh gak bisa login ke twitter. Itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  3. saya sudah lakukan langkahnya, tetapi browser saya tidak bisa dijalankan/ browsing.?
    mohon petunjuk??
    thanks

    ReplyDelete
  4. Enter your comment.../14/15
    agan, butuh bantuan nih, browser ane
    nggak bisa kebuka mau browsing pun
    tidak bisa , ane browsing hanya lewat
    opera mini itu pun terbatas tidak bisa liat
    youtube, masalah nya pas buka browser
    gt tampilan nya blank, dan hanya ada
    tampilan pesan error message seperti ini
    gan tulisan nya " Error displaying content
    for:cod://net_rim_bb_help_9810_series_
    en/27786.html" error message shared
    webkit instance unavailable: Failed to
    start UMP: (9) executable not found.
    mohon bantuan nya ya gan,
    sebelum nya BB ane sempat nuked dan
    sempat ane instal ulang gan.

    ReplyDelete
  5. Enter your comment.../14/15
    agan, butuh bantuan nih, browser ane
    nggak bisa kebuka mau browsing pun
    tidak bisa , ane browsing hanya lewat
    opera mini itu pun terbatas tidak bisa liat
    youtube, masalah nya pas buka browser
    gt tampilan nya blank, dan hanya ada
    tampilan pesan error message seperti ini
    gan tulisan nya " Error displaying content
    for:cod://net_rim_bb_help_9810_series_
    en/27786.html" error message shared
    webkit instance unavailable: Failed to
    start UMP: (9) executable not found.
    mohon bantuan nya ya gan,
    sebelum nya BB ane sempat nuked dan
    sempat ane instal ulang gan.

    ReplyDelete
  6. Gilee nih sakti amat cara solusinya, BB Bold9700 sy dengan operator axis kena masalah ga bisa konek ke twitter dan WA, terus sampe tanya berulangkali ke customercarenya gak bisa-bisa. Pas ketemu blog ini langsung dicoba langsung bisa... Sakti thanks amat... Hari gini masih ada yang pake BB Jadul hehe...

    ReplyDelete
  7. Information Blog: Blackberry Tidak Bisa Browsing, Buka Appworld Dan Twitter >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Information Blog: Blackberry Tidak Bisa Browsing, Buka Appworld Dan Twitter >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Information Blog: Blackberry Tidak Bisa Browsing, Buka Appworld Dan Twitter >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK tw

    ReplyDelete

Mari berkomentar...