Wednesday, January 30, 2013

Program Studi pada Perguruan Tinggi (IPS)


Buat yang masih galau niihh nentuin program studi yang mau diambil apa. Kalau pun udah nentuin prodi tapi malah ga tau lengkapnya prodi yang dipilih itu bagaimana, Ayo cek postinganku yang satu ini....



A. Fakultas Ekonomi
1. Akuntansi
Akuntansi adalah ilmu yang mempelajari proses pengidentifikasian, pengukuran, dan pelaporan transaksi keuangan kepada pengguna laporan untuk pengambilan keputusan. Bidang akuntansi bisa dalam lingkup bisnis maupun nonbisnis. Jenis-jenis akuntansi meliputi akuntansi keuangan, akuntansi biaya, akuntansi manajemen, akuntansi sector public, perpajakan, audit, dan sebagainya. Prospek akuntansi sangat luas karena hampir semua entitas memerlukan jasa akuntansi.
Sebagai ilmu social, akuntansi mempunyai ketertarikan dengan bidang lain, seperti matematika maupun social lainnya.
Pilihan Universitas: UI, UNNES, UNSRI, UNSOED, UNDIP, UNS, UNY, UGM, UNPAD, UNAIR, UNIBRAW, UMY, UII, dll.

2. Manajemen
Manajemen adalah ilmu yang mempelajari dan memahami bagaimana secara keseluruhan seorang manajer mampu menyelesaikan masalah.
Pilihan Universitas: UI, UNNES, UNSRI, UNSOED, UNDIP, UNS, UNY, UGM, UNPAD, UNAIR, UNIBRAW, UMY, UII, dll.

3. Ilmu Ekonomi
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perkembangan ekonomi kini dan akan dating; baik secara teori maupun aplikasinya menurut keahliannya dalam bidang ekonomi moneter, ekonomi internasional, ekonomi perkotaan, dan ekonomi industry.
Pilihan Universitas: UI, UNNES, UNSRI, UNSOED, UNDIP, UNS, UNY, UGM, UNPAD, UNAIR, UNIBRAW, UMY, UII, dll.

B. Fakultas Psikologi
Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dalam hubungan dengan lingkungannya. Wilayah terapan psikologi adalah wilayah-wilayah di mana kajian psikologi dapat diterapkan. Terdapat beberapa spesialisasi di bidang psikologi yaitu: psokologi anak, psikologi perusahaan, dan psikologi pendidikan. Walaupun demikian, belum terbiasnya orang-orang Indonesiadengan spesialisasi membuat wilayah terapan ini rancu, misalnya, seorang ahli psikologi pendidikan mungkin saja bekerja pada HRD sebuah perusahaan atau sebaliknya.
Pilihan Universitas: UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNNES, dll.

C. Fakultaas Ilmu Sosial dan Politik
1. Hubungan Internasional
Hubungan Internasional adalah suatu studi tentang persoalan-persoalan luar negeri dengan isu-isu global di antara Negara-negara dalam sistem Internasional, termasuk peran Negara-negara, organisasi-organisasi antarpemerintah, organisasi-organisasi nonpemerintah (NGO/LSM), dan perusahaan-perusahaan multinasional. Hubungan Internasional adalah suatu bidang akademis dan kebijakan public dan dapat bersifat positif atau normative karena berusaha menganalisis serta merumuskan kebijakan luar negeri Negara-negara tertentu.
Selain ilmu politik, hubungan internasional menggunakan pelbagai bidang ilmu seperti ekonomi, sejarah, hukum, filsafat, geografi, sosiologi, antropologi, psikologi, budaya, dan kajian-kajiannya. Hubungan internasional mencakup tentang isu yang luas, dari globalisasi dan dampak-dampaknya terhadap masyarakat-masyarakat dan kedaulatan Negara sampai kelestarian ekologis, poliferasi hukum, nasionalisme, perkembangan ekonomi, terorisme, kejahatan yang terorganisasi, keselamatan umat manusia, dan hak-hak asasi manusia.
Pilihan Universitas: UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNIBRAW, UMY, UII, dll.

2. Ilmu Komunikasi
Ilmu komunikasi adalah ilmu yang mempelajari usaha manusia dalam menyampaikan isi pesannya kepada manusia lain.
Pilihan Universitas: UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNIBRAW, UMY, UII, dll.

3. Ilmu Administrasi Negara
Ilmu administrasi Negara adalah ilmu yang semua cabang pemeringah dan hal-hal yang berkaitan dengan public.
Pilihan Universitas: UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNIBRAW, UMY, UII, dll.

4. Ilmu Pemerintahan
Ilmu pemerintahan adalah ilmu yang mempelajari seluk beluk pemerintahan.
Pilihan Universitas: UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNIBRAW, UMY, UII, dll.

5. Sosiologi
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari masyarakat, perilaku masyarakat, dan perilaku social manusia denga mengamati perilaku kelompok yang dibangunnya. Sebagai sebuah ilmu, sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun.
Pilihan Universitas: UI, UGM, UNMUL, UNPATTI, UNPAD, UNAIR, UNS, UNIBRAW, UMY, UII, dll.

6. Arkeologi
Arkeologi adalah ilmu yang mempelajari kebudayaan (manusia) masa lalu melalui kajian sistematis atas data bendawi yang ditinggalkan. Kajian sistematis meliputi penemuan, dokumentasi, analisis, dan interpretasi data berupa artefak (budaya bendawi, seperti kapak batum dan bangunan candi) dan ekofak (benda lingkungan, seperti batuan, rupa muka bumi, dan fosil) maupun fitur (artefaktual yang tifak dapat dilepaskan dari tempatnya / situs arkeologi). Teknik penelitian yang khas adalah penggalian (ekskavasi) arkeologis, meskipun survey juga mendapat porsi yang cukup besar.
Pilihan Universitas: UI dan UGM

7. Antropologi Budaya
Antropologi budaya adalah cabag antropologi yang berpudat pada penelitian variasi kebudayaan di antara kelompok manusia. Antropologi budaya mengumpulkan data mengenai proses ekonomi dan politik gloabal atas budaya local. Para antropolog budaya menggunakan berbagai metode, termasuk pengamatan partisipatif (participant bservation), wawancara dan angket statistic. Penelitian bidang ini sering dikatakan pekerjaan lapangan karena sang antropolog harus menetap untuk waktu yang cukup lama di lapangan penelitiannya.
Pilihan Universitas: UI, UGM, UNPAD, UNAIT, UNNES, UNIBRAW, UMY, UII, dll.

D. Fakultas Hukum
Ilmu Hukum
Ilmu hukum adalah ilmu yang mempelajari sistem yang terpenting dalam pelaksanaan atas rangkaian kekuasaan kelembagaan dari bentuk penyalahgunaan kekuasaan dalam bidang politik, ekonomi, dan masyarakat dalam berbagai cara dan bertindak, sebagai perantara untama dalam hubungan social antarmasyarakat terhadap kriminalisasi dalam hukum pidana, hukum pidana yang berupayakan cara Negara dapat menuntut pelaku dalam konstitusi hukum, perlindungan hak asasi manusia, dan memperluas kekuasaan politik serta cara perwakilan di mana mereka akan dipilih.
Pillihan Universitas: UI, UNPATTI, UNNES, UGM, UNPAD, UNAIR, UNS, UNIBRAW, UMY, UII, dll.

E. Fakultas Ilmu Budaya
1. Sastra Jepang
Sastra jepang adalah ilmu yang mempelajari bahasa dan kesusastraan Jepang.
Pilihan Universitas: UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNS, UPI, dll.

2. Sastra Inggris
Sastra Inggris adalah ilmu yang mempelajari bahasa dan kesusastraan Inggris.
Pilihan Universitas: UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNS, UNIBRAW, UPI, UNSRI, UNY, UNNES, UNMUL, dll.

3. Sastra Korea
Sastra Korea adalah ilmu yang mempelajari bahasa dan kesusastraan Korea.
Pilihan Universitas: UI, UGM, UNPAD, UNAIR, dll.

4. Sastra Perancis
Sastra Perancis adalah ilmu yang mempelajari bahasa dan kesusasrtraan Perancis.
Pilihan Universitas: UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNNES, UNY, dll.

5. Sastra Indonesia
Sastra Indonesia adalah ilmu yang mempelajari bahasa dan kesusastraan Indonesia.
Pilihan Universitas: UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNS, UNIBRAW, UMI, UII, dll.

6. Sastra Asia Barat
Sastra Asia Barat adalah ilmu yang mempelajari bahasa dan kesusastraan Negara-negara di Asia Barat.
Pilihan Universitas: UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNS, UNIBRAW, UMY, UII, dll.

7. Sastra Nusantara
Sastra Nusantara adalah ilmu yang mempelajari bahasa dan kesusastraan Nusantara. Bidang ini mempunyai lingkup pembelajaran yang lebih luas dari pada sastra Indonesia.
Pilihan Universitas: UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNS, UNIBRAW, UMY, UII, dll.

8. Ilmu Sejarah
Ilmu Sejarah adalah ilmu yang digunakan untuk mempelajari peristiwa penting masa lalu manusia. Pengetahuan sejarah meliputi pengetahuan akan kejadian-kejadian yang sudah lampau serta pengetahuan akan cara berpikir secara historis. Orang yang mengkhususkan diri mempelajari sejarah atau ahli sejarah disebut sejarawan.
Pilihan Universitas: UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNS, UNIBRAW, UMY, UII, dll.

9. Ilmu Sosiatri
Ilmu sosiatri merupakan salah satu cabang ilmu social terapan yang memusatkan perhatian pada organisasi dan pembangunan masyarakat Indonesia. Pola hubungan antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan antara kelompok dengan kelompok. Kekhasan ilmu sosiatri terletak pada wilayah kerjanya yaitu masyarakat Indonesia. Ilmu sosuatri merupakan cabang ilmu social yang lahir dan berkembang di Indonesia, atau dengan kata lain originalitas ilmu ini ada di Indonesia.
Pilihan Universitas: UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNS, UNIBRAW, UMY, UII, dll.


F. Fakultas Filsafat
Ilmu Filsafat
Filsafat ilmu adalah merupakan bagian dari filsafat yang menjawab beberapa pertanyaan mengenai hakikat ilmu. Bidang ini mempelajari dasar-dasar filsafat, asumsi dan implikasai dari ilmu, yang termasuk didalamnya antara lain ilmu alam dan ilmu social. Disini, filsafat ilmu sangat berkaitan erat dengan epistemology dan ontology. Filsafat ilmu berusaha untuk dapat menjelaskan masalah-masalah seperti: apa dan bagaimana suatu konsep dan pernyataan dapat disebut sebagai ilmiah, bagaimana konsep tersebut dilahirkan, bagaimana ilmu dapat menjelaskan, memperkirakan serta memanfaatkan alam melalui teknologi; cara menentukan validitas dari sebuah informasi; formulasi dan penggunaan metode ilmiah; macam-macam penalaran yang dapat digunakan untuk mendapatkan kesimpulan; serta implikasi metode dan model ilmiah terhadap masyarakat dan terhadap ilmu pengetahuan itu sendiri.
Pilihan Universitas: UI dan UGM.


G. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS)
1. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
a) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia
b) Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia
2. Pendidikan Bahasa Daerah
3. Pendidikan Bahasa Inggris
a) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
b) Program Studi Bahasa dan Satra Inggris
4. Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
5. Pendidikan Bahasa dan Sastra Jepang
6. Pendidikan Bahasa dan Satra Jerman
7. Pendidikan Bahasa dan Satra Perancis
8. Pendidikan Seni Rupa dan Kerajinan
9. Pendidikan Seni Tari
10. Pendidikan Seni Musik
Pilihan Universitas: UPI, UNY, UNS, UNNES, dll.


H. Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)
1. Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
2. Prodi Pengembangan
3. Prodi Teknologi Pendidikan, dibagi kedalam 2 konsentrasi, yaitu:
a. Perekayasaan Pembelajaran
b. Pendidikan Guru Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK)
4. Prodi Perpustakaan dan Informasi
5. Psikologi
6. Administrasi Pendidikan
7. Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
8. Pendidikan Luar Sekolah
9. Pendidikan Luar Biasa
10. Prodi Spesialisasi Anak Tuna netra
11. Prodi Spesialisasi Anak Tuna rungu
12. Prodi Spesialisasi Anak Tuna grahita
13. Prodi Spesialisasi Anak Tuna daksa
14. Prodi Spesialisasi Anak Tuna laras
15. Pedagonik
a. Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
b. Program S1 Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak (PGTK)
Pilihan Universitas: UPI, UNY, UNS, UNNES, dll.


I. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA)
1. Jurusan Pendidikan Matematika
a. Program Studi Pendidikan Matematika 
b. Program Studi Matematika
2. Jurusan Pendidikan Fisika
a. Program Studi Pendidikan Fisika
b. Program Studi Fisika
3. Jurusan Pendidikan Biologi
a. Program Studi Pendidikan Biologi
b. Program Studi Biologi
4. Jurusan Pendidikan Kimia
a. Program Studi Pendidikan Kimia
b. Program Studi Kimia
5. Program Ilmu Komputer
a. Program Studi Pendidikan Ilmu Komputer
b. Program Studi Ilmu Komputer
Pilihan Universitas: UPI, UNY, UNS, UNNES, dll.


J. Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK)
1. Pendidikan Teknik Agroindustri
2. Pendidikan Teknik Sipil
3. Pendidikan Teknik Arsitektur
4. Pendidikan Teknik Elektro
5. Pendidikan Teknik Mesin
6. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
7. Pendidikan Teknologi Agroindustri
Pilihan Universitas: UPI, UNY, UNS, UNNES, dll.


K. Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK)
1. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
2. Pendidikan Kepelatihan Olahraga
3. Ilmu Keolahragaan
Pilihan Universitas: UPI, UNY, UNS, UNNES, dll.


L. Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB)
1. Pendidikan Akuntansi
a. Prodi Pendidikan Akuntansi
b. Prodi Akuntansi
2. Manajemen
a. Pendidikan Ekonomi Koperasi
b. Pendidikan Manajemen Perkantoran
c. Pendidikan Manajemen Bisnis
Pilihan Universitas: UPI, UNY, UNS, UNNES, dll.

M. Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)
1. Program Studi Seni Murni
a. Seni Lukis
b. Seni Patung
c. Seni Grafis
2. Program Studi Seni Kriya
a. Kriya Kayu
b. Kriya Keramik
c. Kriya Tekstil
3. Jurusan Desain
a. Program Studi Desain Interior
b. Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV)
Pilihan Universitas: ITB, ISI, UNS
c. Program Studi Desain Mode dan Busana
Pilihan Universitas: IKJ, ISI, dll.

N. Fakultas Film Televisi (FFTV)
1. Film
2. Televisi
3. Fotografi
4. Kajian Media
Pilihan Universitas: IKJ, ISI



3 comments:

  1. Information Blog: Program Studi Pada Perguruan Tinggi (Ips) >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Information Blog: Program Studi Pada Perguruan Tinggi (Ips) >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Information Blog: Program Studi Pada Perguruan Tinggi (Ips) >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK re

    ReplyDelete

Mari berkomentar...