Wednesday, January 30, 2013

Program Studi pada Perguruan Tinggi (IPA)

Buat yang masih galau niihh nentuin program studi yang mau diambil apa. Kalau pun udah nentuin prodi tapi malah ga tau lengkapnya prodi yang dipilih itu bagaimana, Ayo cek postinganku yang satu ini....




A. Fakultas Kedokteran
1. Pendidikan Dokter
Kedokteran adalah suatu ilmu dan seni yang mempelajari tentang penyakit dan cara-cara penyembuhannya. Ilmu kedokteran adalah cabang ilmu kesehatan yang mempelajari tentang cara mempertahankan kesehatan manusia dan mengembalikan manusia pada keadaan sehat dengan memberikan pengobatan pada penyakit dan cedera. Ilmu ini meliputi pengetahuan tentang sistem tubuh manusia dan penyakit serta pengobatannya, dan penerapan dari pengetahuan tersebut.
Mahasiswa harus menempuh pendidikan dokter selama 10 semester untuk menjadi dokter, yaitu 7 semester untuk mendapatkan gelar sarjana (Sarjana Kedokteran/S.Ked) ditambah 3 sampai 4 semester kepaniteraan klinik senior atau ko-asisten (klerkship) di Rumah Sakit untuk mendapatkan gelar dokter (dr). Dokter spesialis adalah dpkter yang telah mengikuti Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS). Dokter spesialis akan berpraktik pada layanan kesehatan sekunder dan tersier (di rumah sakit). Dokter praktik umum sendiri adalah dokter berpraktik di layanan primer (Puskesmas atau klinik medic). Dokter praktik umum menjadi pintu gerbang pelayanan kedokteran.
Pilihan Universitas : UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNS, UNSRI, UNIBRAW, UMY, UII, dll.

2. Pendidikan Dokter Gigi
Kedokteran gigi adalah ilmu mengenai pencegahan dan perawatan penyakit atau kelainan pada gigi dan mulut melalui tindakan tanpa atau dengan pembedahan. Praktek kedokteran gigi umum meliputi tindakan preventif, promotif, kuratif, dan rehabilitative terhadap kondisi gigi dan mulut individu ataupun masyarakat. Tindakan perawatan yang dapat dilakukan oleh seorang dokter gigi umum antara lain penambalan gigi berlubang, pembersihan karang gigi, pencabutan gigi, pembuatan gigi tiruan, dan estetika gigi.
Seorang calon dokter gigi harus mengikuti pendidikan khusus di fakultas kedokteran gigi selama kurang lebih  tahun untuk mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran Gigi (S.KG.). Kemudian harus mengikuti masa magang/kepaniteraan (ko-ass) di rumah sakit atau sarana kesehatan lainnya selama kurang lebih 2 tahun untuk mendapatkan gelar dokter gigi (drg).
Pilihan Universitas : UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNIBRAW, UMY, dll.

3. Gizi dan Kesehatan
Ilmu gizi dan kesehatan didefinisikan sebagai suatu cabang ilmu yang mempelajari hubungan antara makanan yang dimakan dengan kesehatan tubuh yang diakibatkannya serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Semakin berkembangnya penelitian gizi maka ilmu gizi memiliki cabang-cabang ilmu yang lebih khusus lagi, yaitu: gizi manusia, gizi masyarakat, gizi klinik, teknologi pangan dan gizi hewan.
Pilihan Universitas: UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNS, UNIBRAW, UMY, UII, dll.

4. Ilmu Keperawatan
Keperawatan merupakan suatu profesi yang difokuskan pada perawatan individu, keluarga, dan komunitas dalam mencapai, memelihara, dan menyembuhkan kesehatan yang optimal dan berfungsi. Definisi modern mengenai keperawatan didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan dan suatu seni yang memfokuskan pada mempromosikan kualitas hidup yang didefinisikan oleh orang atau keluarga, melalui seluruh pengalaman hidupnya dari kelahiran sampai asuhan pada kematian. 
Pilihan Universitas: UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNIBRAW, UMY, UII, dll.

B. Fakultas Kedokteran Hewan
Kedokteran Hewan
Kedokteran hewan adalah penerapan prinsip-prinsip ilmu kedokteran, diagnosis, dan terapi pada hewan. Ilmu kedokteran hewan sangat penting untuk melindungi hewan, kesehatan hewan, dan memantau penyebaran penyakit, terutama yang dapat menular antara hewan dengan manusia. Kedokteran hewan secara tidak langsung adalah kedokteran manusia kuno. Namun, belakangan ini, kedokteran hewan berkembang begitu pesat dan kompleks. Proses diagnosis dan terapi dikembangkan untuk banyak spesies hewan. Hewan, pada masa kini, dapat diberi perawatan medis lanjut dan pemeriksaan gigi. Perawatan medis seperti manusia pun termasuk, seperti terapi penyuntikkan insulin pada anjing atau kucing yang menderita diabetes, perawatan katarak, dan penggunaan alat pacu jantung.
Kedokteran hewan juga penting dalam memantau kualitas, banyaknya, dan keamanan dari makanan manusia yang berasal dari hewan, seperti susu dan daging. Dalam bidang kedokteran hewan Indonesia, kegiatan pemantauan ini memiliki istilah KESMAVET (Kesehatan Masyarakat Veteriner).
Pilihan Universitas: UI, UGM, IPB, UNAIR, UNIBRAW, UMY, dll.

C. Fakultas Farmasi
Farmasi
Farmasi adalah salah satu bidang professional kesehatan yang merupakan kombinasi dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia, yang memounyai tanggung jawab memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan obat.
Ruang lingkup dari praktik farmasi termasuk praktik farmasi tradisional seperti peracikan dan penyediaan sediaan obat, serta pelayanan farmasi modern yang berhubungan dengan layanan terhadap pasien (patient care) diantaranya layanan klinikk, evaluasi efikasi dan keamanan penggunaan obat, dan penyediaan informasi obat.
Lulusan program studi ini menguasai ilmu farmasi dan terampil dalam mengelola bidang kefarmasian yang meliputi pengadaan, penyediaan, distribusi, pengawasan, penggunaan, pembuatan obat, pembuatan formulasi obat, dan monitoring segala kegiatan yang menyangkut obat, obat alami, kosmetika, dan alat kesehatan.
Farmasis (apoteker) merupakan gelar professional dengan keahlian di bidang farmasi. Farmasis biasa bertugas di institusi-institusi baik pemerintahan maupun swasta seperti badan pengawas obat/makanan, rumah sakit, industri farmasi, industri obat tradisional, apotek, dan di berbagai sarana kesehatan. Untuk memperoleh gelar itu, lulusan farmasi harus menempuh pendidikan profesi terlebih dahulu.
Pilihan Universitas: UI, ITB, UNSOED, UGM, UNPAD, UNAIR, UNS, UNIBRAW, UMY, UII, dll.

D. Fakultas Teknik
1. Teknik Elektro
Teknik listrik atau teknik elektro (bahasa Inggris: electrical engineering) adalah salah satu bidang ilmu teknik mengenai aplikasi listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Teknik listrik melibatkan konsep, perancangan, pengembangan, dan produksi perangkat listrik dan elektronik yang dibutuhkan oleh masyarakat. Insinyur listrik adalah kaum professional yang memegang peranan penting dalam mengembangkan dan memajukan teknologi tinggi dalam dunia computer, laser, penjelajah angkasa, telekomunikasi, energy, dan aplikasi lainnya dari perangkat dan sistem elektronik. Teknik listrik bekerja sama dengan insinyur dari area lain seperti teknik kimia, teknik mesin, dan teknik sipil untuk merancang, mengembangkan, dan membantu produksi berbagai macam produk dan jasa seperti sistem distribusi energi, computer pribadi, sistem satelit, radio genggam, sistem radar, mobil listrik, jantung buatan, dan lain-lain yan melibatkan komponen listrik dan elektrolit.
Pilihan Universitas: ITB, ITS, UI, UGM, UNPAD, UNSRI, UNY, UPI, UNNES, UMS, UNAIR, UNS, UNIBRAW, dll.

2. Teknik Industri
Teknik industri adalah cabang dari ilmu teknik yang berkenaan dengan pengembangan, perbaikan, implementasi, dan evaluasi sistem integral dari manusia, pengetahuan, peralatan, energy, materi, dan proses. Pada umumnya teknik industri dibagi menjadi tiga bagian seperti berikut ini:
a. Sistem Manufaktur
Sistem manufaktur adalah sebuah sistem yang memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk peningkatan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sistem integral yang terdiri dari manusia, mesin, material, energi, dan informasi melalui proses perancangan, perencanaan, pengoperasian, pengendalian, pemeliharaan, dan perbaikan dengan menjaga keselarasan aspek manusia dan lingkungan kerjanya. Jenis bidang keilmuan yang dipelajari dalam sistem manufaktur ini antara lain adalah Sistem Produksi, Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Pemodelan Sistem, Perancangan Tata Letak Pabrik, dan Ergonomi.
Pilihan Universitas: ITB, ITS, UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNS, UNIBRAW,UMY, UII, dll.

b. Manajemen Industri
Bidang keahlian Manajemen Industri adalah bidang keahlian yang memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk penciptaan dan peningkatan nilai sistem usaha melalui fungsi dan proses manajemen dengan bertumpu pada keunggulan sumber daya insani dalam menghadapi lingkungan usaha yang dinamis. Jenis bidang keilmuan yang dipelajari dalam Manajemen Industri antara lain adalah Manajemen Keuangan, Sumber Daya Manusia, Manajemen Keputusan dan Ekonomi Teknik.
Pilihan Universitas: ITB, ITS, UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNS, UNIBRAW,UMY, UII, dll.

c. Sistem Industri dan Tekno Ekonomi
Bidang keahlian Sistem Industri dan Tekno Ekonomi adalah bidang keahlian yang memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk peningkatan daya saing sistem integral yang terdiri atas tenaga kerja, bahan baku, energy, informasi, teknologi, dan infrastruktur yang berinteraksi dengan komunitas bisnis, masyarakat, dan pemerintah. Bidang keilmuan yang dipelajari di dalam Sistem Industri dan Tekno Ekonomi antara lain adalah Statistika Industri, Sistem Logistik, Logika Pemrograman, Operasional Research, dan Sistem Basis Data.
Pilihan Universitas: ITB, ITS, UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNS, UNIBRAW,UMY, UII, dll.

3. Elektronika dan Instrumentasi
Elektronika dan Instrumentasi merupakan cabang ilmu/rekayasa yang menggabungkan antara pengetahuan elektronika dan instrumentasi yang diperlukan dalam suatu industry. Dalam bidang industry, pengetahuan elektronika sangat diperlukan untuk mendukung sistem pengukuran dan pengontrolan instrumentasi dari industry yang dikendalikan. Dalam bidang industry, pengetahuan elektronika sangat diperlukan untuk mendukung sistem pengukuran dan pengontrolan instrumentasi dari industry yang dikendalikan. Di dalam suatu industry kimia, misalnya, bermacam-macam reaksi kimia harus diukur dan dikendalikan baik suhu, volume campuran bahan, tekanan, derajad keasaman, dan lain-lainnya. Sementara pada industry baja dan logam, suhu yang tinggi harus diukur secara tepat dengan menggunakan alat pengukur elektronik untuk bisa mengendalikan pengepresan logam pada ketebalan yang diinginkan. Pada umumnya, peralatan pengukuran atau alat pengukur secara elektronik  ini merupakan bagian dasar instrumentasi yang dipakai pada hampir semua industry.
Bidang elektronika dan instrumentasi ini, tidak hanya diaplikasikan untuk industry kimia dan industry baja semata, tetapi diperlukan juga untuk pabrik mobil, pabrik gula, pabrik kertas, pabrik pemrosesan makanan, untuk instrumentasi kedokteran, dan untuk pabrik pembuatan alat-alat elektronik itu sendiri (seperti pabrik pembuatan telepon genggam, pabrik pembuatan chip/ sirkuit terpadu, pabrik pembuatan computer, dsb).
Pilihan Universitas: ITB, ITS, UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNIBRAW, UMY, UII, dll.

4. Teknik Kimia
Teknik kimia (Inggris: chemical engineering) adalah ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari pemrosesan bahan mentah menjadi barang yang lebih berguna, dapat berupa barang jadi ataupun barang setengah jadi. Ilmu teknik kimia diaplikasikan terutama dalam perancangan dan pemeliharaan proses-proses kimia, baik dalam skala kecil maupun dalam skala besar seperti pabrik. Insinyur teknik kimia yang pekerjaannya bertanggung jawab terhadap perancangan dan perawatan proses kimia pada skala pabrik dikenal dengan sebutan “insinyur proses” (process engineer). Selain itu, insinyur teknik kimia juga terkait dengan penelitian dan pengembangan proses kimia.
Pilihan Universitas: ITB, ITS, UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNS, UNSRI, UNIBRAW, UII, dll.

5. Teknik Fisika
Teknik fisika (Inggris: engineering physics) adalah ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari berbagai bidang aplikasi ilmu dasar, ilmu terapan, dan pemanfaatan teknologi. Insinyur teknik fisika diharapkan memiliki basis matematika , fisika, kimia yang kuat serta ilmu perekayasaan yang menonjol karena bidang pekerjaannya yang cakupannya sangat luas dimulai dari industry hulu hingga hilir. Sehingga lulusannya dapat masuk ke berbagai jenis bidang dengan cakupan yang luas, seperti energy, pertambangan, pembangkit listrik, instrumentasi, superkonduktor, laser dan optis, radiasi visual, fisika bangunan, dsb.
Pilihan Universitas: ITS, ITB, UGM, dll.

6. Teknik Arsitektur
Arsitektur adalah seni dan ilmu merancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lansekap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses perancangan tersebut.
Pilihan Universitas: ITB, ITS, UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNS, UNIBRAW, UMY, UII, dll.

7. Teknik Nuklir
Teknik nuklir adalah penerapan praktis bidang inti atom yang disarikan dari prinsip-prinsip fisika nuklir dan interaksi antara radiasi dan material. Bidang keteknikan ini mencakup perancangan, pengembangan, percobaan, operasi dan perawatan sistem dan komponen fissi nuklir, khususnya reactor nuklir, PLTN dan/atau senjata nuklir. Bidang ini juga dapat mencakup studi tentang fissi nuklir, aplikasi radiasi pada kedokteran nuklir, keselamatan nuklir, perpindahan panas, teknologi pengolahan bahan bakar nuklir,proliferasi nuklir, dan efek limbah radioaktif atau radioaktivitas lingkungan.
Pilihan Universitas: UGM

8. Teknik Mesin
Teknik mesin atau teknik mekanik adalah ilmu teknik mengenai aplikasi dari prinsip fisika untuk analisa, desain, manufaktur, dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik. Ilmu ini membutuhkan pengertian mendalam atas konsep utama dari cabang ilmu mekanika, kinematika, teknik material, termodinamika dan energy. Ahli atau pakar dari teknik mesin biasanya disebut sebagai insinyur (teknik mesin), yang memanfaatkan pengertian atas ilmu teknik ini dalam mendesain dan menganalisa pembuatan kendaraan, pesawat, pabrik industry, peralatan dan mesin industry, dsb.
Pilihan Universitas: ITB, ITS, UI, UGM, UNSRI, UNPAD, UNAIR, UNS, UNIBRAW, UMY, UII, dll.

9. Teknik Sipil dan Lingkungan
Teknik sipil adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia.
Teknik sipil mempunyai ruang lingkup yang luas, di dalamnya pengetahuan matematika, fisika, kimia, biologi, geologi, lingkungan hingga computer mempunyai peranannya masing-masing. Teknik sipil dikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya, hingga bisa dikatakan ilmu ini bisa mengubah sebuah hutan menjadi kota besar.
Pilihan Universitas: ITB, ITS, UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNS, UNIBRAW, UMY, UII, dll.

10. Teknik Geologi
Geologi adalah ilmu (sains) yang mempelajari bumi, komposisinya, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukannya. Geologiwan telah membantu dalam menentukan umur bumi yang diperkirakan sekitar 4.5 miliar (4.5x109) tahun, dan menentukan bahwa kulit bumi terpecah menjadi lempeng tektonik yang bergerak di atas mantel yang setengah cair (astenosfir) melalui proses yang sering disebut tektonik lempeng. Geologiwan membantu menentukan dan mengatur sumber daya alam yang ada di bumi, seperti minyak bumi, batu bara, dan juga metal seperti besi, tembaga, dan uranium serta mineral lainnya yang memiliki nilai ekonomi seperti asbestos, perlit, mika, fosfat, zeolite, tanah liat, pumis, kuarsa, dan silica, dan juga elemen lainnya sperti belerang, klorin, dan helium.
Pilihan Universitas: ITB, UNPAD, UGM, UNSOED, UNDIP, dll.

11. Teknik Geodesi
Geodesi menurut pandangan awam adalah cabang ilmu geosains yang mempelajari tentang pemetaan bumi. Geodesi adalah salah satu cabang keilmuan tertua yang berhubungan dengan bumi. Geodesi berhubungan dengan bumi. Geodesi berasal dari bahasa Yunani, Geo (Ƴŋ) = bumi dan daisia/daiein (δαІω) = membagi, kata geodaisia atau geodeien berarti membagi bumi. Sebenarnya istilah “Geometri” sudah cukup untuk menyebutkan ilmu tentang pengukuran bumi, dimana geometri berasal dari bahasa Yunani, Υεωμετρία = geo = bumi dan metria = pengukuran. Secara harafiah berarti pengukuran tentang bumi. Namun istilah geometri (lebih tepatnya ilmu spasial atau keruangan) yang merupakan dasar untuk mempelajari ilmu geodesi telah lazim disebutkan sebagai cabang ilmu matematika. Menurut IAG (International Association Of Geodesi, 1979), Geodesi adalah disiplin ilmu yang mempelajari tentang pengukuran dan perepresentasian dari bumi dan benda-benda langit lainnya, termasuk medan gaya beratnya masing-masing, dalam ruang tiga dimensi yang berubah dengan waktu.
Pilihan Universitas: ITB, ITS, UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNS, UNIBRAW, UMY, UII, dll.

12. Teknik Perkapalan
Teknik perkapalan merupakan spesialis dari Teknik Mesin. Anda secara khusus mempelajari cara membuat mesin kapal, cara merawat kapal, dan cara membuat konstruksi kapal. Pelajaran di SMA yang mendasari adalah fisika dan matematika.
Pilihan Universitas: ITS, UNPATTI, UI, UNDIP, dll.


E. Fakultas Pertanian
1. Teknologi Pertanian dan Hasil Pertanian
Teknologi pertanian merupakan penerapan prinsip-prinsip matematika dan ilmu pengetahuan alam dalam rangka pendayagunaan secara ekonomis sumber daya pertanian dan sumber daya alam untuk kesejahteraan manusia. Bidang cakupan teknik pertanian antara lain adalah alat dan mesin budidaya pertanian, mempelajari penggunaan, pemeliharaan dan pengembangan alat dan mesin budidaya pertanian. Teknik tanah dan air, menelaah persoalan yang berhubungan dengan irigasi, pengawetan dan pelestarian sumber daya tanah dan air. Energy dan Elektrifikasi Pertanian, mencakup prinsip-prinsip teknologi energy dan daya serta penerapannya dalam kegiatan pertanian. Lingkungan dan bangunan pertanian, mencakup masalah yang berkaitan dengan perencanaan dan konstruksi bangunan khusus untuk keperluan pertanian, termasuk unit penyimpanan tanaman dan peralatan, pusat pengolahan dan sistem  pengendalian iklim serta sesuai keadaan lingkungan. Teknik pengolahan pangan dan dan hasil pertanian, penggunaan mesin untuk menyiapkan hasil pertanian, baik untuk disimpan atau digunakan sebagai bahan pangan atau penggunaan lainnya.
Pilihan Universitas: IPB, UNIBRAW, ITB, ITS, UI, UGM, UNPAD, UNAIR, dll.

2. Mikrobiologi Pertanian
Mikrobiologi Pertanian merupakan ilmu tentang penggunaan mikrobiologi untuk tujuan memecahkan masalah-masalah praktis di bidang pertanian. Dengan demikian dapat dirumuskan tugas dari Mikrobiologi Pertanian adalah mempelajari dan memanfaatkan mikrobia sebaik mungkin guna meningkatkan produksi pertanian baik kuantitas maupun kualitas dan menekan kemungkinan kehilangan produksi karena berbagai sebab.
Lulusan Program Studi Mikrobiologi Pertanian memiliki kompetensi dalam teknologi berbasis mikrobia untuk pertanian yaitu menguasai asas penumbuhan, isolasi, identifikasi, penyimpanan mikrobia  dan pemanfaatannya dalam usaha tani yang ramah lingkungan dan berkelanjutan; dan mampu merancang, menganalisis, merencanakan, menerapkan, dan memelihara sistem pemanfaatan mikrobia dalam usaha tani yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.
Pilihan Universitas: IPB, UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNS, UNIBRAW, UMY, UII, dll.

3. Teknologi Industri Pertanian
Teknologi Industri Pertanian didefinisikan sebagai disiplin ilmu terapan yang menitikberatkan pada perencanaan, perancangan, pengembangan, evaluasi suatu sistem terpadu (meliputi manusia, bahan, informasi, peralatan dan energy) pada kegiatan agroindustry untuk mencapai kinerja (efisiensi dan efektivitas) yang optimal. Disiplin ini menerapkan matematika, fisika, kimia/biokimia, ilmu-ilmu social ekonomi, prinsip-prinsip dan metodologi dalam menganalisis dan merancang agar mampu memperkirakan dan mengevaluasi hasil yang diperoleh dari sistem terpadu agroindustry. Sebagai panduan dari dua disiplin, teknik proses dan teknik industry dengan objek formalnya adalah pendayagunaan hasil pertanian.
Pilihan Universitas: IPB, UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNS, UNIBRAW, UII, dll.

4. Agribisnis (Sosial Ekonomi Pertanian)
Agribisnis adalah ilmu yang mempelajari tentang bisnis berbasis usaha  pertanian atau biadang lain yang mendukungnya, baik di sector “hulu” dan “hilir” mengacu pada pandangan pokok bahwa agribisnis bekerja pada rantai sector pangan (food supply chain). Dapat dikatakan bahwa agribisnis adalah cara pandang ekonomi bagi usaha penyediaan pangan. Sebagai subjek akademik, agribisnis mempelajari strategi memperoleh keuntungan dengan mengelola aspek budidaya, penyediaan bahan baku, pasca panen, proses pengolahan, hingga tahap pemasaran.
Objek agribisnis dapat berupa tumbuhan, hewan, ataupun organisme lainnya. Kegiatan budidaya merupakan inti (core) agribisnis, meskipun suatu perusahaan agribisnis tidak harus melakukan sendiri kegiatan ini. Apabila produk budidaya (hasil panen) dimanfaatkan oleh pengelola sendiri, kegiatan ini disebut pertanian subsisten, dan merupakan kegiatan agribisnis paling primitif. Pemanfaatan sendiri dapat berarti juga menjual atau menukar untuk memenuhi keperluan sehari-hari.
Pilihan Universitas: IPB, UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNS, UNIBRAW, UMY, UII, dll.

5. Agronomi
Agronomi adalah ilmu bercocok tanam. Cabang penting ilmu-ilmu pertanian ini merupakan salah satu ilmu terapan yang berbasis biologi/botani yang mempelajari pengaruh dan manipulasiberbagai komponen biotik (hidup) dan abiotic (tidak hidup) terhadap suatu individu atau sekumpulan individu tanaman untuk dimanfaatkan bagi kepentingan manusia. Cakupan aspek biotik meliputi individu itu sendiri, individu lain yang sejenis, atau individu lain yang berbeda jenis. Cakupan aspek abiotic meliputi semua komponen tidak hidup yang mempengaruhi kehidupan individu yang dipelajari seperti tanah, cuaca, dan iklim, topografi, dan kebijakan ekonomi-politik.
Pilihan Universitas: IPB, UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNIBRAW, dll.

6. Pemuliaan Tanaman
Pemuliaan tanaman adalah usaha-usaha yang dilakukan untuk mengubah susunan genetic tanaman, baik individu maupun secara bersama-sama (populasi) dengan tujuan tertentu. Pemuliaan tanaman kadang-kadang disamakan dengan penangkaran tanaman, kegiatan memelihara tanaman untuk memperbanyak dan menjaga kemurnian; pada kenyataannya, kegiatan penangkaran adalah sebagian dari pemuliaan. Selain melakukan penangkaran, pemuliaan berusaha memperbaiki mutu genetic sehingga diperoleh tanaman yang lebih bermanfaat.
Pengetahuan mengenai perilaku biologi tanaman dan pengalaman dalam budidaya tanaman merupakan hal yang paling menentukan keberhasilan usaha pemuliaan, sehingga buku-buku teks seringkali menyebut pemuliaan tanaman sebagai seni dan ilmu memperbaiki keturunan tanaman demi kemaslahatan manusia.
Pilihan Universitas: IPB, UI, UGM, UNPAD, UNAIR, dll.

7. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian merupakan bidang yang mengkaji tentang pengelolaan penyuluhan di tingkat petani dengan pemahaman kondisi masyarakat desa, serta pengembangan penyebaran informasi pertanian. Sasaran penyuluhan pertanian adalah segenap warga masyarakat (pria, wanita, termasuk anak-anak). Penyuluhan pertanian juga mengajar masyarakat tentang apa yang diinginkannya dan bagaimana cara mencapai keinginan-keinginan itu. Metode yang diterapkan dalam penyuluhan pertanian adalah belajar sambil bekerja dan mengajarkan pada petani untuk percaya pada apa yang dilihatnya. Sedangkan pola komunikasi yang dikembangkan adalah komunikasi dua arah, saling menghormat dan saling mempercayai dalam bentuk kerjasama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Penyuluh pertanian harus mampu menumbuhkan cita-cita yang dilandasi untuk selalu berfikir kreatif dan dinamis yang mengacu pada kegiatan-kegiatan yang ada dan dapat ditemui di lapangan atau harus selalu disesuaikan dengan keadaan yang dihadapi.
Pilihan Universitas: IPB, UI, UGM, UNPAD, UNAIR, dll.

8. Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman
Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman adalah ilmu mengenai jenis-jenis hama tanaman, cara pengendalian dan perlindungannya terhadap tanaman, pengertian tentang penyakit tumbuhan, penyebab dan interaksinya dengan tumbuhan. Hama dan Penyakit Tanaman memiliki 2 bidang kekhususan yaitu ilmu hama tanaman (entomologi, nematology, dan acaralogi) dan ilmu penyakit tanaman (bakteriologi, mikologi, virology). Bidang kajian lainnya yaitu bioteknologi, dan penyakit, toksikologi pestisida, dan pengendalian hama terpadu.
Pilihan Universitas: IPB, UNSRI, UNS, UNPATTI, UI, UGM, UNPAD, UNAIR, dll.


F. Fakultas Peternakan
1. Ilmu dan Perindustrian Peternakan
Peternakan adalah kegiatan mengembangbiakkan dan membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat dan hasil dari kegiatan tersebut. Pengertian peternakan tidak terbatas pada pemeliharaan saja, memelihara dan peternakan perbedaannya terletak pada tujuan yang ditetapkan. Tujuan peternakan adalah mencari keuntungan dengan penerapan prinsip-prinsip manajemen pada faktor-faktor produksi yang telah dikombinasikan secara optimal. Kegiatan di bidang peternakan dapat dibagi atas dua golongan, yaitu peternakan hewan besar seperti sapi, kerbau, dan kuda, sedangkan kelompok kedua yaitu, peternakan hewan kecil seperti ayam, kelinci, dll. 
Lulusan program studi ini menguasai pengembangan IPTEK bidang produksi ternak, nutrisi, dan makanan ternak, teknik pengelolaan usaha peternakan, dan pengelolaan produk ternak.
Pilihan Universitas: UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNIBRAW, dll.


G. Fakultas Perikanan 
1. Teknologi Hasil Perikanan 
Teknologi hasil perikanan mempelajari tentang budidaya ikan, meliputi reproduksi ikan, penangkapan ikan, penenangan hasil perikanan, pengawetan ikan, dan manajemen agribisnis ikan.
Pilihan Universitas: UI, UGM, UNPAD, UNAIR, dll.

2. Manajemen Sumber Daya Perikanan
Manajemen Sumberdaya Perikanan adalah ilmu yang memahami karakter sumberdaya ikan dan perairan, konsep, dan keragaman maajemen sumberdaya perikanan, dan pengetahuan dan teknologi  untuk mengelola sumberdaya perikanan.
Pilihan Universitas: UI, UGM, UNPAD, UNAIR, dll.

3. Budidaya Perikanan 
Merupakan bentuk pemeliharaan dan penangkaran berbagai macam ikan.
Pilihan Universitas: UI, UGM, UNPAD, UNAIR, dll.


H. Fakultas Kehutanan
1. Budidaya Kehutanan
BDH mempelajari dendrologi dan fitogeografi, teknologi benih, silvukultur, kultur jaringan, pemuliaan pohon, perlindungan hutan, tanah hutan dan kesuburan tanah, bioteknologi hutan, manipulasi lingkungan. Lulusan BDH memiliki keahlian dalam:
Perencanaan dan pengelolaan budidaya hutan secara optimal dan  berkelanjutan dengan berwawasan lingkungan
Mampu mengantisipasi perkembangan teknologi, khususnya dalam  bidang pengembangan bahan tanaman hutan
Mampu memecahkan permasalahan produksi tanaman hutan
Mampu dan memiliki jiwa wiraswasta, khususnya dalam bidang  kehutanan
Pilihan Universitas: UI, UGM, UNPAD, UNMUL, UNAIR, dll.

2. Konservasi Sumberdaya Hutan
KSDH mempelajari konservasi hutan, pengelolaan daerah aliran sungai, ekologi hutan, kepariwisataan alam, dan satwa liar, dinamika ekosistem sebagai landasan pengelolaan sumber daya hutan secara berkelanjutan, tanah dan air sebagai suatu mata rantai keberhasilan pengelolaan sumber daya alam. Tujuan pendidikan jurusan KSDH adalah menghasilkan Sarjana Kehutanan yang mempunyai profesi dalam bidang konservasi sumber daya alam hayati, menguasai aspek praktis dan teoritis pengelolaan sumberdaya alam hayati secara lestari guna menjawab tantangan permasalahan konservasi sumberdaya alam hayati dan lingkungan yang dewasa ini menjasi isu global dunia.
Pilihan Universitas: UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNMUL, dll.

3. Teknologi Hasil Hutan
Teknologi hasil hutan memberikan keahlian dan keterampilan khusus dalam bidang pemanenan hasil hutan dan atau pengolahan hasil hutan.
Pilihan Universitas: UI, UGM, UNPAD, UNMUL, UNAIR, dll.


I. Fakultas MIPA
1. Statistika
Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasikan, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data. Dari kumpulan data atau mendeskripsikan data; ini dinamakan statistika deskriptif.
Statistika banyak diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu, baik ilmu-ilmu alam (misalnya astronomi dan biologi maupun ilmu-ilmu social (termasuk sosiologi dan psikologi), maupun di bidang bisnis, ekonomi, dan industri. Statistika juga digunakan dalam pemerintahan untuk berbagai macam tujuan; sensus penduduk merupakan salah satu prosedur yang paling dikenal. Aplikasi statistika lainnya yang sekarang popular adalah prosedur jajak pendapat atau polling (misalnya dilakukan sebelum pemilihan umum), serta jajak cepat (perhitungan cepat hasil pemilu) atau quick count. Di bidang komputasi, statistika dapat pula diterapkan dalam pengenalan pola maupun kecerdasan buatan.
Pilihan Universitas: IPB, ITS, UNDIP, UNMUL, UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNS, dll.

2. Matematika
Matematika adalah studi besaran, struktur, ruang dan perubahan. Para matematikawan mencari berbagai pola, merumuskan konjektur baru, dan membangun kebenaran melalui metode deduksi yang kaku dari aksioma-aksioma dan definisi-definisi yang bersesuaian. Melalui penggunaan penalaran logika dan abstraksi, matematika, berkembang dari pencacahan, perhitungan, pengukuran, dan pengkajian sistematis, terhadap bangun dan pergerakan benda-benda fisika. Matematika praktis telah menjadi kegiatan manusia sejak adanya rekaman tertulis. 
Kini, matematika digunakan di seluruh dunia sebagai alat penting di berbagai bidang, termasuk ilmu alam, teknik, kedokteran/medis, dan ilmu social seperti ekonomi, dan psikologi. Matematika terapan, cabang matematika yang melingkupi penerapan pengetahuan matematika ke bidang-bidang lain, mengilhami dan membuat penggunaan temuan-temuan matematika baru, dan kadang-kadang mengarah pada pengembangan disiplin-disiplin ilmu yang sepenuhnya baru, seperti statistika dan teori permainan. Para matematikawan juga bergulat di dalam matematika murni, atau matematika untuk perkembangan matematika itu sendiri, tanpa adanya penerapan di dalam pemikiran, meskipun penerapan praktis yang menjadi latar munculnya matematika murni ternyata seringkali ditemukan terkemudian.
Pilihan Universitas: IPB, UI, UNNES, ITB, UNSRI, UNSOED, ITS, UNDIP, UNS, UNY, UGM, UNPAD, UNAIR, UNIBRAW, UMY, UII, dll.

3. Kimia
Kimia adalah ilmu ynag mempelajari mengenai komposisi, struktur, dan sifat zat, dan materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari. Kimia juga mempelajari pemahaman sifat dan interaksi atom individu dengan tujuan untuk menerapkan pengetahuan tersebut pada tingkat makroskopik. Menurut kimia modern, sifat fisik materi umumnya ditentukan oleh struktur pada tingkat atom yang pada gilirannya ditentukan oleh gaya antar atom dan ikatan kimia.
Kimia sering disebut sebagai “ilmu pusat” karena menghubungkan berbagai ilmu lain, seperti fisika, ilmu bahan, nanoteknologi, biologi, farmasi, kedokteran, bioinformatika, dan geologi. Koneksi ini timbul melalui berbagai subdisiplin yang memanfaatkan konsep-konsep dari berbagai disiplin ilmu. Sebagai contoh, kimia fisik melibatkan penerapan prinsip-prinsip fisika terhadap materi pada tingkat atom dan molekul.
Pilihan Universitas: IPB, UI, UNNES, ITB, UNSRI, UNSOED, ITS, UNDIP, UNS, UNY, UGM, UNPAD, UNAIR, UNIBRAW, UMY, UII, dll.

4. Geofisika
Geofisika adalah bagian dari ilmu bumi yang mempelajari bumi menggunakan kaidah atau prinsip-prinsip fisika. Di dalamnya termasuk juga meteorology, elektrisitas atmosferis dan fisika ionosfer. Penelitian geofisika untuk mengetahui kondisi di bawah permukaan bumi melibatkan pengukuran di atas permukaan bumi dari parameter-parameter fisika yang dimiliki oleh batuan di dalam bumi. Saat ini, baik geofisika maupun geologi hampir menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan ilmu bumi. Bidang kajian ilmu geofisika meliputi meteorology (udara), geofisika bumi padat dan oseanografi (laut).
Beberapa contoh kajian dari geofisika bumi padat misalnya seismologi yang mempelajari gempa bumi, ilmu tentang gunung api (gunung berapi) atau volcanology, geodinamika yang mempelajari dinamika pergerakan lempeng-lempeng di bumi, dan eksplorasi seismic yang digunakan dalam pencarian hidrokarbon.
Pilihan Universitas: UI, UGM, UNPAD, UNAIR, UNS, UNIBRAW, UMY, UII, dll.

5. Biologi
Biologi atau ilmu hayat adalah ilmu yang mempelajari aspek fisik kehidupan. Obyek kajian biologi pada masa kini sangat luas dan mencakup semua makhluk hidup dalam berbagai aspek kehidupannya. Berbagai cabang biologi mengkhususkan diri pada setiap kelompok organisme, seperti botani (ilmu tentang tumbuhan), zoology (ilmu tentang hewan), dan mikrobiologi (ilmu tentang jasad renik).
Saat ini berkembang aspek biologi yang mengkaji kemungkinan berevolusinya makhluk hidup pada masa yang akan datang, juga kemungkinan adanya makhluk hidup di planet-planet selain bumi yaitu astrobiology. Sementara itu, perkembangan teknologi memungkinkan pengkajian pada tingkat molekul penyusun organisme melalui biologi molekuler serta biokimia, yang banyak didukung oleh perkembangan teknik komputasi melalui bidang bioinformatika.
Pilihan Universitas: IPB, UI, UNNES, ITB, UNSRI, UNSOED, ITS, UNDIP, UNS, UNY, UGM, UNPAD, UNAIR, UNIBRAW, UMY, UII, dll.

6. Fisika
Fisika adalah sains atau ilmu tentang alam dalam makna yang terluas. Fisika mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu. Para fisikawan atau ahli fisika mempelajri perilaku dan sifat materi dalam bidang yang sangat beragam, mulai dari partikel submikroskopis yang membentuk segala materi (fisika partikel) hingga perilaku materi alam semesta sebagai satu kesatuan kosmos. 
Fisika juga berkaitan erat dengan matematika. Teori  fisika banyak dinyatakan dalam notasi matematis, dan matematika yang digunakan biasanya lebih rumit daripada matematika yang digunakan dalam bidang sains lainnya. Perbedaan antara fisika dan matematika adalah: fisika berkaitan dengan pemerian dunia material, sedangkan matematika berkaitan dengan pola-pola abstrak yang tak selalu berhubungan dengan dunia material. Namun, perbedaan ini tidak selalu tampak jelas. Ada wilayah luas penelitian yang beririsan antara fisika dan matematika, yakni, fisika matematis, yang mengembangkan struktur matematis bagi teori-teori fisika.
Pilihan Universitas: IPB, UI, UNNES, ITB, UNSRI, UNSOED, ITS, UNDIP, UNS, UNY, UGM, UNPAD, UNAIR, UNIBRAW, UMY, UII, dll.

7. Ilmu Komputer
Ilmu computer (bahasa Inggris: Computer Science), secara umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Ilmu computer mencakup beragam topic yang berkaitan dengan computer, mulai dari analisa abstrak algoritma sampai subjek yang lebih konkrit seperti bahasa pemrograman, pernagkat lunak, termasuk perangkat keras. Sebagai suatu disiplin ilmu, ilmu komputer lebih menekankan pada pemrograman computer, dan rekayasa perangkat lunak (software), sementara teknik computer lebih cenderung berkaitan dengan hal-hal seperti perangkat keras computer (hardware). Namun demikian, kedua istilah tersebut sering disalah artikan oleh banyak orang.
Pilihan Universitas: IPB, UI, UNNES, ITB, UNSRI, UNSOED, ITS, UNDIP, UNS, UNY, UGM, UNPAD, UNAIR, UNIBRAW, UMY, UII, dll.


J. Fakultas Geografi
1. Geografi dan Ilmu Lingkungan
Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi. Geografi tidak hanya menjawab apa dan di mana di atas muka bumi, tapi juga mengapa di situ dan tidak di tempat lainnya, kadang diartikan dengan “lokasi pada ruang”. Geografi mempelajari hal ini, baik yang disebabkan oleh alam atau manusia. Juga mempelajari akibat yang disebabkan dari perbedaan yang terjadi itu. Geografi dan ilmu lingkungan mengembangkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan geografi dan lingkungan yang dimiliki untuk melakukan prediksi terhadap kecenderungan perubahan yang terjadi di lingkungan alam dan masyarakat. 
Pilihan Universitas: UI, UGM, UNPAD, UNAIR, dll.

2. Kartografi dan penginderaan jauh
Kartografi (atau pembuatan peta) adalah studi dan praktik membuat peta atau globe. Penginderaan jauh (atau disingkat inderaja) adalah pengukuran atau akuisisi data dari sebuah objek atau fenomena oleh sebuah alat yang tidak secara fisik melakukan kontak dengan objek tersebut atau pengukuran atau akuisisi data dari sebuah objek atau fenomena oleh sebuah alat dari jarak jauh, (misalnya dari pesawat, pesawat luar angkasa, satelit, kapal atau alat lain). 
Pilihan Universitas: UI, UGM, UNPAD, UNAIR, dll.

3. Pembangunan Wilayah
Pembangunan wilayah adalah ilmu yang mengkaji karakteristik sumber daya wilayah dalam kaitannya dengan trend global dan dinamika local serta menyusun  rencana dan melaksanakan program/proyek pembangunan, baik sektoral maupun berorientasi wilayah, dan dapat bekerjasama dengan para ahli lain.
Pilihan Universitas: UI, UGM, UNPAD, UNAIR, dll.


sumber

3 comments:

  1. kak, di unair sama unpad ada prodi kartografi dan pendinderaan jauh kah? aku cek di situsnya kok ngga ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek disini aja ya http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php

      Delete
  2. saya mau tanya..
    pada prodi Mikrobiologi Pertanian,agribisnis,agronomi,pemulihan tanaman,penyuluhan dan komunikasi pertanian itu masing-masing prodi harus Wajib menguasai mata pelajaran apa saja selain biologi?
    dan dari semua yg saya sebutkan tadi,yg hanya Wajib menguasai biologi itu yg prodi apa?

    ReplyDelete

Mari berkomentar...