Friday, December 14, 2018

PHILOSOPHICAL AND THEORETICAL GROUND OF MATHEMATICS EDUCATION


Rindang Maaris Aadzaar
(18709251024/PMB Pasca)

PHILOSOPHICAL AND THEORETICAL GROUND OF
MATHEMATICS EDUCATION
 

Ideology of Education
Tahap
Tokoh
Tahun
Ciri-ciri
Radical
Tan Malaka
(1897 - 1949)
·       Pendidikan itu digunakan untuk menyebarkan faham politik dan secara otomatis pendidikan itu mempunyai tujuan sesuai dengan politik yang mempengaruhinya
·       Dunia pendidikan di gunakan untuk perubahan struktural secara fundamental, baik dalam ekonomi, gender dan politik
·       Pendidikan bisa menerapkan cara pandang siswa agar bisa merefleksi secara kritis terhadap ideologi yang dominan kearah transformasi sosial
Paulo Freire
(1921 - 1997)
Noam Chomsky
(1928 - )
Conservative
George Washington
(1789 - 1797)
·       Pendidikan digunakan untuk menjaga status quo
·       Ketidaksederajatan masyarakat merupakan sesuatu yang alami, sesuatu hal yang sangat  mustahil untuk dihindari
·       Kemiskinan, buta huruf dan menderita merupakan kodrat ilahi dan kesalahan diri sendiri karena tidak bisa merubah dirinya sendiri
·       Menjunjung tinggi harmoni serta menghindari konflik
Abraham Lincoln
(1809 - 1865)
Emile Durkheim
(1858 - 1917)
Arthur Bestor
(1908 - 1994)
Hyman Rickover
(1900 - 1986)
Liberal
John Dewey
(1859 - 1952)
·       Pendidikan terlepas dari persoalan politik dan ekonomi masyarakat.
·       Pendidikan lebih diarahkan pada penyesuaian atas sistem dan struktur sosial yang berjalan.
·       Lebih memperhatikan bagaimana meningkatkan kualitas dari proses belajar mengajar sendiri, fasilitas dan kelas yang baru, modernisasi peralatan sekolah, penyeimbangan rasio guru-murid



John Rawls
(1921 - 2002)
Francisco Suarez
(1548 - 1617)
Richard Price
(1723 - 1791)
Thomas Jefferson
(1743 - 1826)
Humanist
Michel de Montaigne
(1533 - 1592)
·       Pendidikan perlu mengedapankan nilai-nilai kemanusiaan dalam proses transformasi pendidikan
·       Sasaran utama pendidikan adalah penanaman dan pembangunan kembali masyarakat yang mengikuti alur kemanusiaan (humanistik), dan menekankan pada pemaksimalan potensi-potensi pada manusia.
Ki Hajar Dewantoro
(1889 - 1959)
Paulo Freire
(1921 - 1997)
Abraham Maslow
(1908 - 1970)
Progessive
Hans Vaihinger
(1852 - 1933)
·       Pendidikan harus terpusat pada anak bukannya memfokuskan pada guru atau bidang muatan
·       Menolak pendidikan yang bersifat otoriter, penekanan atas disiplin yang keras, cara-cara belajar yang bersifat pasif, konsep dan cara-cara pendidikan yang hanya berperan untuk mentransfer kebudayaan mastarakat kepada generasi muda, dan berbagai hal lainnya yang dipandang tidak berarti.
·       Bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan memecahkan berbagai masalah baru dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan sosial, atau dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang berada dalam proses perubahan, dan membantu siswa lebih demokratis.
John Dewey
(1859 - 1952)
William James
(1842 - 1910)
Georges Santayana
(1863 - 1952)
Socialist
Karl Marx
(1818 - 1883)
·       Pendidikan bagi semua orang, menghilangkan praktik diskriminatif atas dasar gender, agama ras, atau kelas dalam masyarakat, menata kembali dan merorganisasi perekonomian demi kepentingan seluruh anggota masyarakat
Robert Owen
(1771 - 1858)
Democracy
John Dewey
(1859 - 1952)
·       Pendidikan harus menanamkan cara berfikir dan berinisiatif atas kemauan sendiri, artinya proses belajar mengajar harus sejalan dengan hati nurani antara guru dan siswanya termasuk kemauan dan kemampuannya
Lawrence Kohlberg
(1927 - 1987)



Nature of Education
Tahap
Tokoh
Tahun
Ciri-ciri
Obligation
John Dewey
(1859 - 1952)
·     Pendidikan harus mengajarkan seseorang tentang bagaimana berpikir dan menyesuaikan diri terhadap perubahan yang terjadi didalam masyarakat.
·     Sekolah harus bertujuan mengembangkan pengalaman-pengalaman tersebut yang akan memungkinkan seseorang terarah kepada kehidupan yang baik
Preserving
Ibnu Kaldun
(1332 - 1406)
·     Pendidikan merupakan upaya untuk melestarikan dan mewariskan nilai yang ada di dalam masyarakat agar masyarakat tersebut tetap eksis.
Exploiting
Sorenn Kierkegaard
(1813 - 1855)
·     Pendidikan membantu siswa menyadari dirinya sebagai pribadi yang memilih, bebas, dan bertanggungjawab.
·     Siswa mengambil keputusan apa yang ingin dipelajarinya.
Martin Bobber
(1878 - 1965)
Karl Jasper
(1883 - 1969)
Gabril Marcel
(1889 - 1973)
Transforming
George Count
(1889 - 1974)
·       Siswa bagian dari masyarakat dan harus aktif
·       Siswa sebagai agen pembaharuan sosial, bukan hanya penerima pengetahuan.
Harold Rugg
 (1886 - 1960)
Liberating
Hans Vaihinger
(1852 - 1933)
·     Pendidikan bukanlah belajar dari semua fakta tetapi mempelajari pikiran untuk berpikir secara mendalam menuju realisasi diri
·     Mengutamakan pendidikan dengan karakter yang terbentuk, kekuatan pikiran meningkat, kecerdasan diperluas dan dimana seseorang dapat berdiri sendiri
·     Perkembangan alami siswa ditekankan dengan membuat siswa berada di lingkungan yang tidak terkendali dimana perkembangan sosial dan spiritual siswa tentu sulit
John Dewey
(1859 - 1952)
William James
(1842 - 1910)
Georges Santayana
(1863 - 1952)
Needs
Plato
(427 - 347 SM)
·     Sebagai manusia, semua anak didik pada hakekatnya sama, jadi membutuhkan pendidikan yang serupa.
Aristoteles
(384 - 322 SM)
Thomas Aquinas
(1225 - 1274)
Democracy
John Dewey
(1859 - 1952)
·     Pendidikan harus menanamkan cara berfikir dan berinisiatif atas kemauan sendiri, artinya proses belajar mengajar harus sejalan dengan hati nurani antara guru dan siswanya termasuk kemauan dan kemampuannya
John Locke
(1632 - 1704)

The Nature of Mathematics
Tahap
Tokoh
Tahun
Ciri-ciri
Body of Knowledge
Paul Ernest
(1944 - )
·     Setiap tubuh pengetahuan matematika dapat diberi bentuk hirarki kanonik asalkan itu merupakan sistem matematika tunggal atau struktur, dihubungkan oleh inferensial atau definisi relationships
Science of truth
Immanuel Kant
(1724 - 1804)
·     Kebenaran secara mutlak, dan bahwa matematika merupakan satu-satunya dan mungkin merupakan bidang dari ilmu pengetahuan yang objektif, tidak dipertanyakan dan pasti.
·     Fondasi dari pengetahuan matematika, yaitu dasar dari penentuan kebenaran proposisi matematika, terdiri dari bukti-bukti deduktif.
Structure of truth
David Hilbert
(1862 - 1943)
·     Matematika merupakan struktur yang formal dari simbol
Process of Thinking
Jean Piaget
(1896 - 1980)
·     Proses berpikir merupakan analisis terhadap argumen serta aplikasi logik
Social Activities
Jerome Seymour Bruner
(1915 - 2016)
·     Siswa saling bertukar pengalaman, strategi penyelesaian, serta temuan lainnya di antara sesama mereka.
·     Diskusi guru dan siswa dalam pembelajaran mengilustrasikan bahwa interaksi sosial yang mampu memberikan kesempatan pada siswa untuk mengoptimalkan proses belajarnya
Lev Vygotsky
(1896 - 1934)


No comments:

Post a Comment

Mari berkomentar...