Tuesday, March 17, 2015

Kreativitas dalam Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia


1.   Apa yang dimaksud dengan kreativitas?
Dengan berpikir secara kreatif nantinya imajinasi, intuisi, dan penemuan siswa akan selalu berkembang.  Nantinya yang perlu dilakukan agar aktifitas kreatif bisa berkembang adalah dengan cara memiliki pemikiran divergen, orisinal, rasa ingin tahu, membuat prediksi, membuat dugaan, dan selalu ngin mencoba-coba.  Indikator dalam menjalani kemampuan berpikir kreatif adalah fluency, flexibility, originality, dan elaboration. 


2.      Apa kaitannya kreativitas dengan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI)?
Pendekatan PMRI adalah pembelajaran matematika yang menggunakan konteks dunia nyata sebagai langkah awal untuk membangun pengetahuan siswa dengan prinsip, yaitu
a.         Pembimbingan dalam penemuan kembali dan progressive mathematizing
b.        Fenomenologi didaktik (didactical phenomenology)
c.         Pengembangan model oleh siswa (self-developed models)
PMRI juga memiliki karakteristik yaitu
a.         Menggunakan konteks dunia nyata
b.        Penggunaan model-model
c.         Pemanfaatan hasil konstruksi maupun kontribusi siswa
d.        Interaktif
e.         Keterkaitan antar topik dalam matematika dengan topik lain di luar matematika


Dari 3 prinsip dan 5 karakteristik PMRI tersebut nantinya bisa membuat siswa lebih berpikir kreatif lagi.  Maka dari itu terdapat keterkaitan melalui berpikir kreatif matematis dengan PMRI.

No comments:

Post a Comment

Mari berkomentar...